Membuat Rumah

Cara Bersihkan Rumah Tanpa Pusing

Manfaatkan hari libur atau akhir pekan Anda untuk membersihkan seisi rumah bersama dengan keluarga Anda. Kebiasaan ini perlu dilakukan sejak anak Anda masih kecil sehingga merasa bertanggung jawab dengan kebersihan dan kerapihan rumah. Jika dikerjakan secara bersama-sama, tentu hal yang berat pun akan terasa jadi mudah dan ringan. Apalagi masalah membersihkan rumah, hampir setiap orang memiliki banyak alasan untuk tidak melakukan hal ini. Mulai dari capek, malas, kotor, dan banyak alasan lainnya. Tetapi setiap orang ingin membuat rumahnya menjadi indah dan menarik. Karena itu, ada beberapa tips yang bisa Anda simak dan ikuti untuk bisa membersihkan rumah dengan keluarga tanpa dihantui dengan rasa pusing.

Membuat Rumah

  1. Bantu diri Anda sendiri

Anda bisa membantu diri Anda sendiri untuk membersihkan rumah. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuatnya jadi lebih mudah. Misalnya, Anda bisa menyiapkan sebuah keranjang yang berukuran besar untuk menaruh baju-baju kotor dari setiap anggota keluarga di dekat mesin cuci. Dengan hal ini, Anda tidak perlu mengambil setiap baju kotor di setiap kamar. Apalagi jika Anda mencuci baju secara mingguan. Tumpukan baju tersebut berat untuk dibawa-bawa.

  1. Pikir Ulang Sebelum Membeli

Dalam membeli sebuah benda atau barang tertentu, biasanya Anda membeli tanpa mempertimbangkan fungsinya. Apakah benda tersebut akan sering digunakan atau malah dibiarkan begitu saja. Tumpukan benda-benda yang jarang atau bahkan tidak pernah Anda gunakan itulah yang membuat rumah Anda terasa jadi penuh dan menyesakkan. Sehingga ketika sedang membereskan, Anda merasa pusing karena terlalu banyak benda. Biasakan untuk memikirkan fungsi benda sebelum Anda membelinya. Selain itu, secara tidak langsung juga Anda sudah menghemat biaya.

  1. Buat Sistem

Jika rumah terasa begitu berantakan dan memusingkan, perhatikan sistem yang ada di rumah Anda. Jika tidak ada, segera buat! Jika ada namun terasa tidak efektif, segera ganti sistem tersebut. Mulai dari singkirkan barang-barang yang tidak dibutuhkan. Anda bisa langsung membuangnya, memberikannya kepada teman, keluarga, atau kerabat, bahkan juga bisa menjualnya kembali. Setelah itu, kumpulkan barang berdasarkan fungsinya dan tempat digunakannya. Juga, segera kembalikan benda tersebut setelah digunakan dan jangan tumpuk di sembarang tempat.

  1. Buat Jadwal

Atur jadwal untuk membersihkan rumah Anda. Sebisa mungkin, pilihlah hari di mana semua anggota keluarga ada di rumah sehingga bisa membersihkan rumah bersama-sama. Hari libur bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk membersihkan rumah. Jangan lupa juga untuk membagi-bagikan tugas kepada setiap anggota keluarga agar cepat selesai dan bisa bersantai di saat sore hari.

  1. Singkirkan Tumpukan

Perhatikan sudut-sudut rumah Anda, ada banyak tumpukan benda yang sangat mengganggu dan kotor. Mulai dari tumpukan koran yang sudah lama dan tidak Anda baca lagi, dan tumpukan-tumpukan lainnya. Koran tersebut bisa Anda jual secara kiloan untuk bisa diolah lagi menjadi benda yang memiliki fungsi kepada tukang loak koran keliling di sekitar rumah Anda. Tentunya tumpukan tersebut bisa berkurang atau hilang, Anda mendapatkan sejumlah uang, dan juga dari koran tersebut bisa dibuat menjadi benda yang jauh lebih berguna dibandingkan sekadar tumpukan yang membuat rumah jadi berantakan.

  1. Mudah Diraih

Anda harus bisa mengatur benda-benda yang sering Anda gunakan di tempat yang mudah diraih sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencarinya ketika membutuhkan. Begitu juga sebaliknya dengan benda-benda yang jarang Anda gunakan, simpan di tempat yang agak tertutup dan jauh agar tidak timbul kesan berantakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *