Tips Membatasi Waktu Anak Main HP Dan Game

Berikan Pemahaman pada Anak Tentang Waktu Bermain Gadget

Kali ini BocaTweets.com hadir dengan tips untuk anda orang tua yang sedang bingung karena anaknya hampir setiap hari menghabiskan waktunya dengan bermain hp atau bermain game.

Memang tak semua yang ada di dalam gadget bersifat negatif, ada juga yang justru memberikan pelajaran dan pengetahuan pada anak. Misalnya menghafal lagu-lagu daerah, belajar mengenal bahasa asing dan sebagainya.

Namun, menurut psikolog dan pemerhati anak, Seto Mulyadi, tetap harus ada pengertian yang ditanamkan pada anak bahwa bermain gadget ada aturan mainnya. Jangan sampai anak seolah asyik sendiri dengan gadgetnya dan kurang melakukan aktivitas sosial.

“Berikan pemahaman kepada anak bahwa bermain gadget ada batasan waktunya,” kata pria yang akrab disapa Kak Seto ini.

Kak Seto yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia menuturkan, ketika orang tua memutuskan untuk memberikan gadget pada anak, maka orang tua juga harus memiliki komitmen soal aturan jadwal memainkannya.

Baca: Memberi Anak Ponsel Sama dengan Memberinya Kokain

Orang tua harus memberi pengertian bahwa ada waktu-waktu tertentu dalam penggunaan gadget. Misal, gadget hanya diberikan selama beberapa menit setelah anak selesai menyelesaikan tugas sekolahnya. Atau berikan anak gadget ketika ia membutuhkan informasi yang ingin diketahuinya melalui internet, tentunya dengan pengawasan dari orang tua.

“Main gadget harus ada aturannya, jangan sampai kebablasan, orang tua harus mengawasinya juga,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *